BELAJAR MUDAH MEMBACA
AL – QUR’AN


LATAR  BELAKANG

Media  pembelajaran  merupakan  salah  satu  komponen  pembelajaran  yang mempunyai   peranan   penting  dalam   Kegiatan   Belajar  Mengajar.   Pemanfaatan media  seharusnya  merupakan  bagian  yang  harus  mendapat  perhatian  guru  atau fasilitator   dalam   setiap   kegiatan   pembelajaran.   Oleh   karena   itu   guru   atau fasilitator  perlu  mempelajari  bagaimana  menetapkan  media  pembelajaran  agar dapat   mengefektifkan   pencapaian   tujuan   pembelajaran   dalam   proses   belajar mengajar.

Pada  kenyataannya  media  pembelajaran  masih  sering  terabaikan  dengan berbagai   alasan,   antara   lain:   terbatasnya   waktu   untuk   membuat   persiapan mengajar,  sulit  mencari  media  yang  tepat,  tidak  tersedianya  biaya,  dan  lain-lain. Hal   ini   sebenarnya   tidak   perlu   terjadi   jika   setiap   guru   atau   fasilitator   telah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mengenai media pembelajaran.

TUJUAN  PEMBUATAN

Aplikasi   Multimedia   Pembelajaran   “Belajar Mudah Membaca Al – Qur’an”   ini bertujuan untuk memandu  siswa,  khususnya  siswa  dan  siswi  Taman Pendidikan Al – Qur’an  agar  lebih  mudah  dalam  pemahaman  dan  pendalaman  materi. Tidak  hanya  itu,  guru  atau  fasilitatorpun  tidak  terlalu  susah  dalam  menjelaskan kepada siswa siswinya.

PANGSA  PASAR

Akhir aplikasi ini di tujukan bagi semua siswa khususnya siswa dan siswi Taman Pendidikan Al – Qur’an. Dengan aplikasi ini membuat user (siswa/siswi) lebih cepat paham dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru atau fasilitator. Serta siswa dan siswi akan lebih menyukai dengan metode pembelajaran tersebut.

KEBUTUHAN  SISTEM

Sistem   yang   di   butuhkan   untuk   menggunakan   aplikasi   ini   tidaklah membutuhkan  spesifikasi  hardware  yang  berat,  yang  penting  sudah  menginstal software  untuk  menjalankan  video  yang  berekstensi  .swf  di  antaranya  Adobe Flash  Player,  ataupun  software  pemutar  vidio  lainnya.  Dan  aplikasi  ini  dapat berjalan di semua komputer yang berkapasitas hardware yang rendah.  Yang jelas sistem yang standarpun bisa menjalankan aplikasi ini.

NASKAH / ISI CERITA

Dalam aplikasi ini tidak memiliki alur cerita, hanya saja dalam aplikasi ini menampilkan   bagaimana   cara   belajar mudah membaca al – qur’an.  Hal  ini  dapat  di  lihat  dari  tampilan awal bahwa jika kita memilih salah satu menu misalkan: bentuk, makhraj dan sifat huruf hijaiyyah maka akan tampil beberapa huruf hijaiyyah termasuk bentuk, makhraj dan sifat huruf hijaiyyah.
RANCANGAN DESAIN

Aplikasi   ini   dirancang atau didesain   dengan   sangat   sederhana, sehingga memudahkan user untuk menggunakan aplikasi ini. Komponen-komponen yang di gunakan  pun  mudah  untuk  di  mengerti  oleh  user. Intinya  aplikasi  multimedia pembelajaran ini sangat mudah di gunakan atau di pahami oleh user.

LANGKAH  UNTUK  PEMELIHARAAN

Dengan  semakin  berkembangnya  teknologi,  pastinya  aplikasi  Multimedia Pembelajaran “Belajar Mudah Membaca Al – Qur’an” akan selalu di kembangkan.
Selain  mengembangkan,  kita  juga  harus  mempunyai  backup  dari  aplikasi yang   telah   dibuat,   apabila   suatu   ketika   komputer   yang   digunakan   terjadi kerusakan,  maka  kita  masih  mempunyai  file  dari  aplikasi  yang  telah  kita  buat, selain itu selalu mengevaluasi aplikasi  yang telah kita buat supaya kita bisa mengkoreksi dan memperbaikinya lagi. Ataupun kita bisa membandingkan hasil karya sebelumnya dengan hasil karya yang terbaru.

PENCAPAIAN AKHIR DARI SISTEM




Pencapaian  akhir  dari  system  yang  telah  di  buat,  semoga  bisa  diterima  oleh pengguna  dengan  baik.  Apabila  aplikasi  ini  bisa  terus  berkembang,  yang  di harapkan  aplikasi  ini  juga  dapat  di  komersialkan.  Tetapi  pastinya  dari  Aplikasi yang  telah  saya  buat  ini  pasti  ada  kekurangan  namun  saya  bahagia dan senang,  karena aplikasi yang kita buat bisa digunakan dengan baik.

Untuk download makalah selengkapnya KLIK


0 Response to " "

Posting Komentar